Kamis, 18 Oktober 2012

PLN - Antara Pemenang atau Pecundang


Halo teman-teman semuanya. Kenalkan namaku Sudarsan. Sekarang statusku adalah alumni dari salah satu Universitas Swasta ternama di Jakarta. Kota kelahiranku itu di Pangkal pinang, propinsi Bangka Belitung. Pangkal pinang adalah sebuah kota kecil yang indah, damai dan nyaman untuk ditempati. Tapi sayangnya pasokan listrik di kotaku ini entah kenapa begitu sedikit dan tidak stabil. Selalu ada pemadaman listrik bergilir yang dilakukan oleh pihak PLN. Bahkan percaya atau tidak, dulu sempat beberapa keluarga temanku tidak lagi berlangganan PLN tapi lebih memilih untuk menggunakan genset dikarenakan pasokan listrik yang hampir tidak bisa dinikmati secara leluasa. Dari semenjak lahir hingga tamat SMA, aku tak pernah menginjakkan kakiku keluar dari Bangka. Aku sudah terbiasa dengan kegelapan malam dan terangnya cahaya lilin. Namun untuk menggapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi, akhirnya di tahun 2008, aku berangkat menuju Jakarta bersama keluargaku. Di Jakarta, semuanya sungguh berbeda! Banyak bangunan-bangunan raksasa, kemacetan, serta mall-mall besar yang tak akan pernah kutemukan di Bangka. Dan hal yang benar-benar membuatku takjub adalah listrik yang terus menyala tanpa ada pemadaman bergilir! Tapi sungguh tak kusangka kenikmatan ini membawaku pada sesuatu yang sampai saat ini masih tak dapat kulupakan. Pada suatu hari yang begitu terik, datanglah 2 orang berseragam PLN yang memeriksa tingkat pemakaian listrik di rumah kami. Sekalian memeriksa tingkat pemakaian listrik, mereka juga bilang ada penetapan aturan baru dan standard-standard baru yang harus diterapkan. Nah, ternyata MCB dan meteran listrik di rumah kami diindikasi palsu dan telah dicurangi. Pada akhirnya 2 orang tersebut meminta kami untuk datang ke kantor PLN area Gambir dan kemudian bersama-sama ke laboratorium di Sunter untuk sosialisasi dan memberitahukan tentang berbahayanya MCB dan peralatan palsu lainnya. Akhirnya karena keadaan papa dan mama tidak memungkinkan untuk pergi, maka akhirnya aku sendiri yang pergi. Berikut adalah diari mini yang kutorehkan di waktu tersebut  (maaf mungkin agak alay, lagi masa labil saat itu >.<) :

09 Agustus 2010
Hari ini hari yang cerah. Ku mulai dengan tekad untuk mengubah hidupku menjadi lebih baik. It’s so amazing to change this life :D
Nah, kubuka hari ini dengan bangun pagi yaitu jam 7. Tumben-tumben ni, biasanya kan klo mahasiswa nganggur kek gw tuh bangunnya jam 10-11 gt. Heheheh. Kenapa gw bangun pagi? Tentu ada sebabnya donk, gak mungkin kan gw tiba-tiba aja mau bangun pagi. Ini dikarenakan hari ini gw harus pergi ke kantor PLN area Gambir untuk kemudian pergi ke lab mereka. Kayaknya sich mayan seru la y. Apalagi gw jg blom pernah pergi ke laboratorium itu. Jadi penasaran juga. Saking semangatnya, jam 8.30 gw ud tiba di sana padahal jam keberangkatannya itu jam 9.30. Nah, dari sini gw mulai kecewa. Ternyata sistem di PLN ini sangat buruk. Mulai dari management waktunya. Bayangkan saja, jadwal pergi jam 9.30 tapi realitanya pergi jam 11.00!!! Apa mereka gak enak hati ato malu y sm masyarakat? Ckckck. Sebelumnya c gw ud pernah dikecewain sm mereka. Soalnya seharusnya tuh gw berangkatnya hari Jumat lalu. Tapi mereka bilang waktu itu mobilnya lagi gk ad n di labnya sendiri lagi ad acara. Yach, gw c biasa aj y. Cm rada kecewa aj. Dan sekarang ditambah dengan kejadian ini, gw makin kecewa dengan kinerja n sistem dr kantor PLN yg 1 ini. Gk tw dech cm kantor PLN yg 1 ini aj yg begini ato smw kantor cabang lainnya pun begitu. Ckckckck. Makin bobrok aja kayaknya pemerintahan kita ini. Pak SBY, lebih tegas dunk terhadap hal-hal kecil seperti ini. Ini kn menunjukan kinerja bapak juga sebagai pemimpin bangsa :(
Lanjut ceritanya, waktu berangkat ke labnya mayan enak c. Soalnya gw jg blom pernah ke daerah itu (Sunter). Jadinya c seneng” aj biarpun agak lama perjalanannya(itu pun lewat tol, klo gk gmn? ==a). Nah, stelah smp d sana, lg” gw dibuat kecewa kembali. Asli, sm sekali gk ad pelayanan trhadap customer. Dibiarkan begitu aj. Ckckck. Parah dah. D sana c gw dijelasin tentang ap bahayanya penggunaan MCB yg nggk standar ( cm itu aj tapi makan waktu kurang lebih 2 stengah jam(sbagian besar waktu cm bwt menunggu, parah dah ==a). Nah, d perjalanan pulang dari labnya, gw trsentuh sm 1 bapak nih. Bapak trsebut pny sesuatu kekurangan, yaitu kakinya cm 1 yg normal. Jadinya bapak tersebut juga pke tongkat buat jalan. Bapak ini c ngemis y, tp setiap dy mengulurkan tangannya, dy selalu melemparkan senyuman tulus. Walau ditolak jg tetap tersenyum. Salut jg sm ni bapak. Ketabahan hatinya memang luar biasa. Gk tw dech ap yg membuat dy bs sperti it. Gw tw c sbnrnya mengemis it bukanlah sesuatu yg bagus, tp ap daya jika dy tidak bs berbuat apa” lg. So, bersyukurlah bagi kamu” yg begitu pulang ke rumah tidak perlu pusing memikirkan mw makanan ap :)
Lah, stelah sampai d kantor PLN nya, trnyt dy blg prosedurnya blom slesai. Dy suruh qt datang lg hari rabu bwt nyelesainnya. Gak tw dech bwt ap lg. Tar hr rabu w ceritain y gmn. Pkoknya bnr” sebel dah. Mgkn dy kira kami smw gk pny kerjaan lg smp harus temenin dy mulu! Errrrrrrgggggh!! X-( Sampai di rumah lebih parah pula! Gw diberundung pertanyaan ttg gmn gw d PLN trsebut dan bla bla bla bla @@ Padahal saat itu gw jg lagi cape n kesel sm org PLN na. Sekarang jd tambah kesel dah ==a Tapi ngerti juga c ttg kekhawatiran ortu gw… Yach, pkoknya gt dech. Niat awal mw buat ni hari indah jd kek gni. Apes dah T.T Mulai bsk hrs lbh baik dah pkoknya. Tomorrow will be better :)

10 Agustus 2010
Jiah, emang parah ni gw. Sama skali gk ad kemauan yg kuat. Pdhl ud berkomitmen mw bangun pagi tp nyatanya bangun kesiangan lg hr ini. Arrrrggghhh!!! Sebel jg sama diri gw sndiri. Kapan y gw bnr” bs ninggalin zona nyaman gw ini, padahal ud 19 thn skrg. Umur yg cukup untuk mulai berpikir dewasa. Bagi gw, hr ini adalah hari yg bnr” memalukan n menyebalkan. Hr ini 1 hao (tanggal 1 penanggalan China) jdnya gw vege n hrsnya berbuat baik trus. Namun lg” realita berbicara lain. Gw ud kecewain kedua org tua gw hr ini. Gw mengeluh tentang berbagai hal yang sbenarnya itu hanya alasan untuk lari dari kenyataan. Kedua org tua gw smp kesel banget sm gw. Gw tw hal ini salah, tp gw pengen bgt keluarin unek” selama ini. Yang lbh parah, trnyt mama menangis akibat perbuatan gw ini. Lgsg gmn gt perasaan gw. Yach keluarga gw jg bkn dr keluarga yg berlebih y (tp jg gk kekurangan c) jdnya gw srg banding”in diri gw sm tmn” gw yg dr keluarga menengah ke atas. Menyebalkan, sungguh kekanak”an dri gw ini. At last, gw minta maaf c sm ortu gw. Asli bnr” ngerasa malu n gk enak gw T.T Nah, pengalaman yg menarik hr ini adalah saat pergi ke binus, malamnya gw pergi ke warnet untuk bermain dota bersama dgn tmn gw Hendi. Nah, di sana ad org yg sbnrnya ud srg bgt maen sm kami tp gk prnh saling kenal. Setelah 1 game brmain sm dy, tryt utk game brikutnya, dy gk dapetin slot. Kebetulan saat itu gw yg jd servernya. Lalu tiba” dy menghampiri kami kemudian bertanya “boleh minta 1 slot gk y”. Wah, agak terkejut jg. Biasanya gk pernah spt itu. Trnyt nm kk itu Ko Budi. Wkwkkwk mayan la dpt temen br lg hr ini ( walau cuma buat maen dota aj c :D )

11 Agustus 2010
Nah, hr ini tiba saatnya gw utk pergi ke PLN kembali. Mw smw cpt slesai gw. Males bgt kek gni, buang” waktu aj. Gw kira plg dtg ke sana buat ceklist gt n bayar sdikit biaya perbaikan materi kyk mcb yg gk standar itu. Trnyt. . .
Parah, gw kesel bgt dah sm PLN. Asli parah dah. Gw gk tw itu korupsi ato emang sistem mereka yg bobrok. Masa dy blg qt musti membayar kerugian smp 5jutaan? Parah abis kn? Padahal ni yg gk standar dr qt cm mcb na n katanya meterannya itu -2,15%. Itu pun ud dr penghuni rumah sblmnya. Masa hal seperti ini dibebankan kepada konsumen kyk kami ni? Klo gw pny latar belakang hukum, pasti ud gw tuntut ni org. Seenak perutnya aj blg 5jt. Gw suruh jelasin drmn bs 5jt jg dy gk bs jelasin. Parah dah. Begitu smp rumah, ortu gw yg ud deg”an ni nunggu kabar dr gw begitu dgr ap yg gw alami lgsg shock. Gmn nggk! 5jt it bkn sesuatu yg kecil bg kami. Apalagi papa gw ud gk kerja karena sakit. Kmgkn bsk gw akan pergi lg ke PLN na bwt minta solusi laen ato bahkan mgkn marah”. Jelas aj ini bkn jumlah yg wajar bwt sebuah pelanggaran sederhana spt itu. Apalagi pelanggaran tersebut bkn kami yg buat! Errrggghhhh!!!
Semoga bsk miracle n justice can happen :) klo nggk, gk tw dah mw bayar denda it pke ap. Pke daun x ya :(

12 Agustus 2010
Tiba juga ni hr ini. Arggghhhhh!!! Rada kecewa ni. Trnyt perundingan itu gagal. Dari PLN na sndiri ud kebijakannya spt itu n gk bs diubah lg. Kesel bgt ni. Masa PLN sgtunya. Pdhl ini salah penghuni sblmnya, tp ttp aj dibebankan sm kami. Mereka bahkan gk mw tw kami pny ato gk, pkoknya hrs byr. Klo gk listrik na diputusin. Ckckckc
Dr masalah ini, gw makin mengerti pentingnya arti uang. Bkn mata duitan ato sbgnya, tp uang itu memang sangat penting dlm kehidupan qt. Emang byk org yg bilang bahwa uang bisa beli obat tp gk bs membeli kesembuhan, uang bs membeli wanita tp tak bs membeli cinta, dsb. Bnr c kyk gt, tp coba pikirin lagi. Klo gk ad uang, drmn dtgnya pendidikan, drmn dtgnya makanan utk bertahan hidup. Hidup yg damai tanpa uang takkan ad. Uang itu seperti pedang bermata dua. Org bahagia karena dy, tp org juga menderita karena dy. Serba salah dech. Wkwkwk
Intinya c uang itu perlu bgt dlm kehidupan qt ini. Tp jgn karena uang, qt smp menghalalkan cara kotor untuk mendapatkannya. Berusaha, berusaha, dan berusaha. Itulah kuncinya. Mgkn saat ini anda masih blom menemukan pohon uang anda namun dgn berusaha, gw yakin saat tersebut psti akan datang :D
*End of Diary
Nah, akhir kata ada beberapa hal yang ingin aku sampaikan ke PLN, mungkin lebih tepatnya harapanku untuk PLN.
1.  Jadilah badan atau organisasi yang benar-benar profesional dan dapat menjadi pahlawan bagi masyarakat, bukannya malah menambah beban hidup bagi masyarakat. Jika terjadi perubahan kebijakan, sebelumnya buatlah ketetapan ataupun aturan yang menegaskan setiap pemakai jasa PLN harus memeriksakan kredibilitas perangkat yang digunakannya ataupun melaporkan kepada PLN jika terjadi hal-hal yang ganjil. PLN pun harus selalu mensosialisasikan peraturan-peraturan ataupun ketetapan yang dibuatnya secara lebih transparan dan diketahui oleh seluruh masyarakat.
2. Pedulikanlah daerah-daerah yang agak jauh dari pusat keramaian. Orang-orang yang tinggal di sana masih termasuk warga Indonesia dan berhak untuk mendapatkan pasokan listrik seperti apa yang orang-orang di kota besar dapatkan.
3. Para petinggi PLN, lebih seringlah turun ke masyarakat, jangan hanya duduk manis di atas kursi putarnya. Baru beberapa hari ini, temanku bercerita tentang keanehan pada sistem PLN. Biasanya billing untuk pembayaran listrik bulanan kurang lebih Rp. 300.000. Tapi di bulan kemarin, mendadak menjadi 3juta. Tentunya hal ini menjadi pertanyaan besar. Temanku yang bertanya kepada pihak PLN yang bersangkutan, hanya dijawab: billingnya numpuk, bla bla bla. Bukannya jika billingnya menumpuk itu kesalahan PLN? DI restoran saja ada pesan bertuliskan : “Makan tanpa struk = gratis”. Masa PLN kalah sama restoran sih? >.<
4. Di era teknologi ini, listrik menjadi hal yang tak terpisahkan lagi dalam kehidupan. Jangan karena menjadi satu-satunya supplier bertindak semena-mena terhadap masyarakat.
Sekian sih unek-unek yang selama ini pengen aku keluarkan. Untungnya bisa tersampaikan sekarang. Maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan dan kurang bisa dimengerti. Cuma ungkapan isi hati ini. Semoga saja PLN bisa menjadi pemenang di hati masyarakat, bukan malah menjadi pecundang. Semangat PLN! Semoga makin jaya dan selamat ulang tahun yo!
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar