Halo teman-teman semuanya. Kenalkan
namaku Sudarsan. Sekarang statusku adalah alumni dari salah satu
Universitas Swasta ternama di Jakarta. Kota kelahiranku itu di Pangkal
pinang, propinsi Bangka Belitung. Pangkal pinang adalah sebuah kota
kecil yang indah, damai dan nyaman untuk ditempati. Tapi sayangnya
pasokan listrik di kotaku ini entah kenapa begitu sedikit dan tidak stabil. Selalu ada pemadaman listrik bergilir yang dilakukan oleh pihak PLN. Bahkan percaya atau tidak, dulu sempat beberapa keluarga temanku tidak lagi berlangganan PLN
tapi lebih memilih untuk menggunakan genset dikarenakan pasokan listrik
yang hampir tidak bisa dinikmati secara leluasa. Dari semenjak lahir
hingga tamat SMA, aku tak pernah menginjakkan kakiku keluar dari Bangka.
Aku sudah terbiasa dengan kegelapan malam dan terangnya cahaya lilin. Namun
untuk menggapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi, akhirnya di
tahun 2008, aku berangkat menuju Jakarta bersama keluargaku. Di
Jakarta, semuanya sungguh berbeda! Banyak bangunan-bangunan raksasa,
kemacetan, serta mall-mall besar yang tak akan pernah kutemukan di
Bangka. Dan hal yang benar-benar membuatku takjub adalah listrik yang
terus menyala tanpa ada pemadaman bergilir! Tapi sungguh
tak kusangka kenikmatan ini membawaku pada sesuatu yang sampai saat ini
masih tak dapat kulupakan. Pada suatu hari yang begitu terik,
datanglah 2 orang berseragam PLN
yang memeriksa tingkat pemakaian listrik di rumah kami. Sekalian
memeriksa tingkat pemakaian listrik, mereka juga bilang ada penetapan
aturan baru dan standard-standard baru yang harus diterapkan. Nah,
ternyata MCB dan meteran listrik di rumah kami diindikasi palsu dan
telah dicurangi. Pada akhirnya 2 orang tersebut meminta kami untuk
datang ke kantor PLN
area Gambir dan kemudian bersama-sama ke laboratorium di Sunter untuk
sosialisasi dan memberitahukan tentang berbahayanya MCB dan peralatan
palsu lainnya. Akhirnya karena keadaan papa dan mama tidak memungkinkan
untuk pergi, maka akhirnya aku sendiri yang pergi. Berikut adalah diari
mini yang kutorehkan di waktu tersebut (maaf mungkin agak alay, lagi
masa labil saat itu >.<) :
09 Agustus 2010
Hari ini hari yang cerah. Ku mulai dengan tekad untuk mengubah hidupku menjadi lebih baik. It’s so amazing to change this life
Nah, kubuka hari ini dengan bangun
pagi yaitu jam 7. Tumben-tumben ni, biasanya kan klo mahasiswa nganggur
kek gw tuh bangunnya jam 10-11 gt. Heheheh. Kenapa gw bangun pagi?
Tentu ada sebabnya donk, gak mungkin kan gw tiba-tiba aja mau bangun
pagi. Ini dikarenakan hari ini gw harus pergi ke kantor PLN
area Gambir untuk kemudian pergi ke lab mereka. Kayaknya sich mayan
seru la y. Apalagi gw jg blom pernah pergi ke laboratorium itu. Jadi
penasaran juga. Saking semangatnya, jam 8.30 gw ud tiba di sana padahal
jam keberangkatannya itu jam 9.30. Nah, dari sini gw mulai kecewa.
Ternyata sistem di PLN
ini sangat buruk. Mulai dari management waktunya. Bayangkan saja,
jadwal pergi jam 9.30 tapi realitanya pergi jam 11.00!!! Apa mereka gak
enak hati ato malu y sm masyarakat? Ckckck. Sebelumnya c gw ud pernah
dikecewain sm mereka. Soalnya seharusnya tuh gw berangkatnya hari Jumat
lalu. Tapi mereka bilang waktu itu mobilnya lagi gk ad n di labnya
sendiri lagi ad acara. Yach, gw c biasa aj y. Cm rada kecewa aj. Dan
sekarang ditambah dengan kejadian ini, gw makin kecewa dengan kinerja n
sistem dr kantor PLN yg 1 ini. Gk tw dech cm kantor PLN
yg 1 ini aj yg begini ato smw kantor cabang lainnya pun begitu.
Ckckckck. Makin bobrok aja kayaknya pemerintahan kita ini. Pak SBY,
lebih tegas dunk terhadap hal-hal kecil seperti ini. Ini kn menunjukan
kinerja bapak juga sebagai pemimpin bangsa
Lanjut ceritanya, waktu berangkat
ke labnya mayan enak c. Soalnya gw jg blom pernah ke daerah itu
(Sunter). Jadinya c seneng” aj biarpun agak lama perjalanannya(itu pun
lewat tol, klo gk gmn? ==a). Nah, stelah smp d sana, lg” gw dibuat
kecewa kembali. Asli, sm sekali gk ad pelayanan trhadap customer.
Dibiarkan begitu aj. Ckckck. Parah dah. D sana c gw dijelasin tentang ap
bahayanya penggunaan MCB yg nggk standar ( cm itu aj tapi makan waktu
kurang lebih 2 stengah jam(sbagian besar waktu cm bwt menunggu, parah
dah ==a). Nah, d perjalanan pulang dari labnya, gw trsentuh sm 1 bapak
nih. Bapak trsebut pny sesuatu kekurangan, yaitu kakinya cm 1 yg normal.
Jadinya bapak tersebut juga pke tongkat buat jalan. Bapak ini c ngemis
y, tp setiap dy mengulurkan tangannya, dy selalu melemparkan senyuman
tulus. Walau ditolak jg tetap tersenyum. Salut jg sm ni bapak.
Ketabahan hatinya memang luar biasa. Gk tw dech ap yg membuat dy bs
sperti it. Gw tw c sbnrnya mengemis it bukanlah sesuatu yg bagus, tp ap
daya jika dy tidak bs berbuat apa” lg. So, bersyukurlah bagi kamu” yg
begitu pulang ke rumah tidak perlu pusing memikirkan mw makanan ap
Lah, stelah sampai d kantor PLN
nya, trnyt dy blg prosedurnya blom slesai. Dy suruh qt datang lg hari
rabu bwt nyelesainnya. Gak tw dech bwt ap lg. Tar hr rabu w ceritain y
gmn. Pkoknya bnr” sebel dah. Mgkn dy kira kami smw gk pny kerjaan lg smp
harus temenin dy mulu! Errrrrrrgggggh!! X-( Sampai di rumah lebih parah pula! Gw diberundung pertanyaan ttg gmn gw d PLN trsebut dan bla bla bla bla @@ Padahal saat itu gw jg lagi cape n kesel sm org PLN na. Sekarang jd tambah kesel dah ==a Tapi ngerti juga c ttg kekhawatiran ortu gw… Yach, pkoknya gt dech. Niat awal mw buat ni hari indah jd kek gni. Apes dah T.T Mulai bsk hrs lbh baik dah pkoknya. Tomorrow will be better
10 Agustus 2010
Jiah, emang parah ni gw. Sama skali
gk ad kemauan yg kuat. Pdhl ud berkomitmen mw bangun pagi tp nyatanya
bangun kesiangan lg hr ini. Arrrrggghhh!!! Sebel jg sama diri gw
sndiri. Kapan y gw bnr” bs ninggalin zona nyaman gw ini, padahal ud 19
thn skrg. Umur yg cukup untuk mulai berpikir dewasa. Bagi gw, hr ini
adalah hari yg bnr” memalukan n menyebalkan. Hr ini 1 hao (tanggal 1
penanggalan China) jdnya gw vege n hrsnya berbuat baik trus. Namun lg”
realita berbicara lain. Gw ud kecewain kedua org tua gw hr ini. Gw
mengeluh tentang berbagai hal yang sbenarnya itu hanya alasan untuk lari
dari kenyataan. Kedua org tua gw smp kesel banget sm gw. Gw tw hal ini
salah, tp gw pengen bgt keluarin unek” selama ini. Yang lbh parah,
trnyt mama menangis akibat perbuatan gw ini. Lgsg gmn gt perasaan gw.
Yach keluarga gw jg bkn dr keluarga yg berlebih y (tp jg gk kekurangan
c) jdnya gw srg banding”in diri gw sm tmn” gw yg dr keluarga menengah
ke atas. Menyebalkan, sungguh kekanak”an dri gw ini. At last, gw minta
maaf c sm ortu gw. Asli bnr” ngerasa malu n gk enak gw T.T Nah,
pengalaman yg menarik hr ini adalah saat pergi ke binus, malamnya gw
pergi ke warnet untuk bermain dota bersama dgn tmn gw Hendi. Nah, di
sana ad org yg sbnrnya ud srg bgt maen sm kami tp gk prnh saling kenal.
Setelah 1 game brmain sm dy, tryt utk game brikutnya, dy gk dapetin
slot. Kebetulan saat itu gw yg jd servernya. Lalu tiba” dy menghampiri
kami kemudian bertanya “boleh minta 1 slot gk y”. Wah, agak terkejut jg.
Biasanya gk pernah spt itu. Trnyt nm kk itu Ko Budi. Wkwkkwk mayan la
dpt temen br lg hr ini ( walau cuma buat maen dota aj c
)
11 Agustus 2010
Nah, hr ini tiba saatnya gw utk pergi ke PLN kembali. Mw smw cpt slesai gw. Males bgt kek gni, buang” waktu aj. Gw
kira plg dtg ke sana buat ceklist gt n bayar sdikit biaya perbaikan
materi kyk mcb yg gk standar itu. Trnyt. . .
Parah, gw kesel bgt dah sm PLN.
Asli parah dah. Gw gk tw itu korupsi ato emang sistem mereka yg
bobrok. Masa dy blg qt musti membayar kerugian smp 5jutaan? Parah abis
kn? Padahal ni yg gk standar dr qt cm mcb na n katanya meterannya itu
-2,15%. Itu pun ud dr penghuni rumah sblmnya. Masa hal seperti ini
dibebankan kepada konsumen kyk kami ni? Klo gw pny latar belakang hukum,
pasti ud gw tuntut ni org. Seenak perutnya aj blg 5jt. Gw suruh
jelasin drmn bs 5jt jg dy gk bs jelasin. Parah dah. Begitu smp rumah,
ortu gw yg ud deg”an ni nunggu kabar dr gw begitu dgr ap yg gw alami
lgsg shock. Gmn nggk! 5jt it bkn sesuatu yg kecil bg kami. Apalagi papa
gw ud gk kerja karena sakit. Kmgkn bsk gw akan pergi lg ke PLN
na bwt minta solusi laen ato bahkan mgkn marah”. Jelas aj ini bkn
jumlah yg wajar bwt sebuah pelanggaran sederhana spt itu. Apalagi
pelanggaran tersebut bkn kami yg buat! Errrggghhhh!!!
Semoga bsk miracle n justice can happen
klo nggk, gk tw dah mw bayar denda it pke ap. Pke daun x ya 
12 Agustus 2010
Tiba juga ni hr ini. Arggghhhhh!!! Rada kecewa ni. Trnyt perundingan itu gagal. Dari PLN na sndiri ud kebijakannya spt itu n gk bs diubah lg. Kesel bgt ni. Masa PLN sgtunya. Pdhl ini salah penghuni sblmnya, tp ttp aj dibebankan sm kami.
Mereka bahkan gk mw tw kami pny ato gk, pkoknya hrs byr. Klo gk
listrik na diputusin. Ckckckc
Dr masalah ini, gw makin mengerti
pentingnya arti uang. Bkn mata duitan ato sbgnya, tp uang itu memang
sangat penting dlm kehidupan qt. Emang byk org yg bilang bahwa uang bisa
beli obat tp gk bs membeli kesembuhan, uang bs membeli wanita tp tak
bs membeli cinta, dsb. Bnr c kyk gt, tp coba pikirin lagi. Klo gk ad
uang, drmn dtgnya pendidikan, drmn dtgnya makanan utk bertahan hidup.
Hidup yg damai tanpa uang takkan ad. Uang itu seperti pedang bermata
dua. Org bahagia karena dy, tp org juga menderita karena dy. Serba
salah dech. Wkwkwk
Intinya c uang itu perlu bgt dlm
kehidupan qt ini. Tp jgn karena uang, qt smp menghalalkan cara kotor
untuk mendapatkannya. Berusaha, berusaha, dan berusaha. Itulah kuncinya.
Mgkn saat ini anda masih blom menemukan pohon uang anda namun dgn
berusaha, gw yakin saat tersebut psti akan datang
*End of Diary
Nah, akhir kata ada beberapa hal yang ingin aku sampaikan ke PLN, mungkin lebih tepatnya harapanku untuk PLN.
1. Jadilah badan atau organisasi
yang benar-benar profesional dan dapat menjadi pahlawan bagi masyarakat,
bukannya malah menambah beban hidup bagi masyarakat. Jika terjadi
perubahan kebijakan, sebelumnya buatlah ketetapan ataupun aturan yang
menegaskan setiap pemakai jasa PLN harus memeriksakan kredibilitas perangkat yang digunakannya ataupun melaporkan kepada PLN jika terjadi hal-hal yang ganjil. PLN pun harus selalu mensosialisasikan peraturan-peraturan ataupun
ketetapan yang dibuatnya secara lebih transparan dan diketahui oleh
seluruh masyarakat.
2. Pedulikanlah daerah-daerah yang
agak jauh dari pusat keramaian. Orang-orang yang tinggal di sana masih
termasuk warga Indonesia dan berhak untuk mendapatkan pasokan listrik
seperti apa yang orang-orang di kota besar dapatkan.
3. Para petinggi PLN,
lebih seringlah turun ke masyarakat, jangan hanya duduk manis di atas
kursi putarnya. Baru beberapa hari ini, temanku bercerita tentang
keanehan pada sistem PLN. Biasanya billing untuk pembayaran listrik bulanan kurang lebih Rp. 300.000. Tapi di bulan kemarin, mendadak menjadi 3juta. Tentunya hal ini menjadi pertanyaan besar. Temanku yang bertanya kepada pihak PLN yang bersangkutan, hanya dijawab: billingnya numpuk, bla bla bla. Bukannya jika billingnya menumpuk itu kesalahan PLN? DI restoran saja ada pesan bertuliskan : “Makan tanpa struk = gratis”. Masa PLN kalah sama restoran sih? >.<
4. Di era teknologi ini, listrik menjadi hal yang
tak terpisahkan lagi dalam kehidupan. Jangan karena menjadi satu-satunya
supplier bertindak semena-mena terhadap masyarakat.
Sekian sih unek-unek yang selama ini pengen aku
keluarkan. Untungnya bisa tersampaikan sekarang. Maaf jika ada
kata-kata yang kurang berkenan dan kurang bisa dimengerti. Cuma ungkapan
isi hati ini. Semoga saja PLN bisa menjadi pemenang di hati
masyarakat, bukan malah menjadi pecundang. Semangat PLN! Semoga makin
jaya dan selamat ulang tahun yo!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar